Media Periklanan (Rahma Aulia Dewi/17107030036)
“Media Periklanan”
Ditulis Dalam Rangka Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Dasar-Dasar Advertising
Dosen Pengampu : Bono Setyo, M.Si
1. Macam-Macam Media Periklanan:
Media periklanan secara umum terbagi kedalam dua jenis,
yakni media mainstream yang terdiri dari televisi, radio, dan surat kabar, dan
jenis yang kedua yakni media sosial yang terdiri dari facebook, twiter,
instagram, dan lain sebagainya. Berikut ini pengertian dari masing masing media
periklanan:
a. Televisi
Televisi merupakan media telekomunikasi yang bisa
menerima siaran berupa gambar bergerak beserta suara, baik itu hitam-putih
maupun berwarna. Televisi mulai dikenal di Indonesia pada tahun 1962, pada awalnya
jangkauan televisi sangat terbatas, penggunaan televisi sebagai media
periklananpun masih sangat jarang sampai sekitar tahun 80an mulai banyak iklan
muncul di siaran televisi seiring dengan pengguna televisi yang mulai meluas.
Televisi menjadi media terbaik sebagai media periklanan karena mampu
menampilkan iklan dalam bentuk audio visual, televisi sebagai media periklanan
terus mengalami perkembangan hingga saat ini.
b. Radio
Radio merupakan media komunikasi yang menggunakan
gelombang elektromagnetik untuk memancarkan pesannya. Berdasarkan pstasiun
pemancarnya radio dibagi menjadi 2, yaitu radio AM (amplitudo modulation) dan radio FM (
Frequency Modulation). Radio merupakan media yang memiliki jangkauan selektif terhadap
segmen pasar tertentu dengan menyajikan beragam program siaran.
c. Surat Kabar
Surat kabar merupakan lembaran tercetak yang memuat
laporan yang terjadi dimasyarakat secara periodik, bersifat umum, aktual, dan
berisi informasi yanng ingin diketahui pembaca. Surat kabar hadir dalam
beberapa bentuk dan jenis tergantung pada frekuensi terbit, bentuk, kelas
ekonomi pembaca, peredarannya, serta penekanan isinya. Sebagaian besar surat
kabar mengandalkan hidup dari iklan, dunia periklanan di indonesia banyak
menggunakan media surat kabar.
d. Media Sosial
Sebuah media dalam jaringan untuk bersosialisasi, dengan
para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi
meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual. Media sosial
menggunakan internet sebagai alat untuk saling terhubung. Salah satu keunggulan
media sosial dari media periklanan lainnya terletak pada proses pengiriman
pesan yang cenderung lebih cepat dan tidak terbatas waktu juga tempat.
2. Media Penting bagi Periklanan, karena:
a. Media penting bagi periklanan karena pada saat ini media merupaka salah
satu cara paling efektif yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi
kebutuhan hidupnya, karena itu periklananpun ikut serta dalam mengembangkan
daya periklanannya untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
b. Dengan media periklanan mampu menarik calon konsumen menjadi konsumen yang
loyal dalam jangka waktu tertentu.
c. Melalui media, konsumen dapat mengetahui adanya berbagai produk atau jasa
yang pada gilirannnya melahirkan adanya pilihan.
d. Karena media merupakan jantung dari dunia periklanan, sehingga dengan
menggunakan media maka jangkauan iklan menjadi lebih luas dan iklan yang
diproduksi lebih menarik.
e. Dengan media, konsumen menjadi lebih mengenal dan percaya terhadap produk
atau jasa yang ditawarkan.
3. Kelebihan dan Kekurangan dari ke-4 Media Periklanan
a. Radio
-
Kelebihan
1. Audiens selectivity, siaran radio mempunyai pandangan yang spesifik misal
berdasarkan usia, jangkauan siar, kelas ekonomi, dan lain sebagainya.
2. Radio adalah media intrusif, pendengar memerlukan upaya khusus untui tidak
mendengarkan iklan. Biasanya pendengar otomatis terekspos saat iklan tersebut
disiarkan.
3. Radio adalah media yang murah, umumnya tarif iklan radio ditetapkan
berdasarkan rating positionnya.
4. Imajinatif, radio menawarkan peluang kreatif yang unik bagi pengiklan.
5. Radio bersifat mobile, radio dapat dibawa kemana saja orang pergi.
6. Menghanyutkan pendengar, penyiar menyajikan infleksi, empasis, dan emosi.
-
Kelemahan
1. Lack of picture, pengiklan tidak dapat mendemonstrasikan produknya di radio.
2. Radio menyiarkan iklan hanya sekelebat, pendengar umumnya tidak memiliki
waktu untuk menspesifikasikan produk dari sesuatu yang diiklankan.
3. Radio bersifat terbagi, sifat terbagi ini mengakibatkan pengiklan mengalami
ketumpang tindihan dalam menjangkau pasar.
4. Local area servis, iklan pada radio harus disebar dibeberapa daerah yang
kadang-kadang tidak sama pola siarannya
b. Televisi
-
Kelebihan
1. Efesiensi biaya, mampu menjangkau khalayak sasaran yang sangat luas.
2. Dampak yang kuat, mampu menciptakan kelanturan bagi pekerjaan-pekerjaan
kreatif dengan mengkombinasikan gerakan, kecantikan, suara, warna, dan humor.
3. Pengaruh yang kuat, karena kebanyakan masyarakat meluangkan waktu didepan TV
sebagai sumber berita, hiburan, dan pendidikan.
-
Kelemahan
1. Biaya yang besar, karena didalamnya ada biaya penbuatan film dan honorarium
artis yang terlibat.
2. Khalayak yang tidak selektif, segmentasinya tidak setajam surat kabar atau
majalah.
3. Kesulitan teknis, iklan-iklan yang telah dibuat tidak dapat diubah begitu
saja jadwalnya, terlebih menjelang jam-jam penyiaran.
c. Surat Kabar
-
Kelebihan
1. Market coverage, dapat menjangkau daerah-daerah perkotaan sesuai dengan cakupan pasarnya.
2. Camparasion shopping, keuntungan yang menyangkut kebiasaan konsumen membawa
surat kabar sebagai referensi untuk memilih barang sewaktu berbelanja.
3. Positive consumer attitudes, konsumen umumnya memandang ssurat kabar memuat hal-hal
aktual yang perlu segera diketahui.
4. Flexsibility, pengiklan dapat bebas memilih pasar yang akan di prioritaskan.
-
Kelemahan
1. Short life span, surat kabar dibaca prang dalam tempo yang sangat singkat sekali.
2. Clutter, surat kabar tidak mempunyai management redaksi dan tata letak yang baik
bisa mnebgacaukan maca dan daya serap pembaca.
3. Imited coverage of certain groups, sekalipun surat kabar memiliki sirkulasi yang luas,
beberapa kelompok pasar tertentu tidak dapat dilayani dengan baik.
4. Products that dont fit, beberapa product tidak dapat diiklankan dengan baik di
surat kabar. (Jaiz, 2014)
d. Media Sosial
-
Kelebihan
1. Bisa menjalin silaturahim dimana saja, melalui media sosial, orang-orang
bisa berkomunikasi dengan orang lain dimanapun tanpa harus bertatap muka,
karena media sosial tidak memiliki batas yang nyata.
2. Menambah ilmu pengetahuan, melalui media sosial, kita bisa mempelajari
teknik atau cara tertentu, dengan demikian kita dapat menambah ilmu
pengetahuan.
3. Informasi lebih cepat, media sosial sangat up to date dalam menyajikan
informasi, jadi kita dapat menerima
informasi terkini di sekitar kita dengan cepat.
-
Kelemahan
1. Maraknya pornografi, pornografi sangat membabi buta dalam media sosial.
Banyak akun-akun dalam media sosial yang diretas dan biasanya isinya ialah
video/foto yang tidak senonoh.
2. Maraknya ujaran kebencian, media sosial juga sering disalahgunakan untuk
mengirim ujaran kebencian. Contohnya akhir-akhir ini menjelang pemilihan kepala
daerah dan pemilihan umum 2019, banyak sekali peredaran berita dan video hoax
yang berisi ujaran kebencian terhadap orang tertentu.
3. Membuat kecanduan, media sosial dapat membuat sesorang yang memakainya
menjadi kecanduan. Banyak orang-orang yang kini kehidupannya bergantung pada
media sosial, dan jika sehari saja mereka tidak membuka akunnya maka mereka
akan stress dan gelisah.
Referensi:
Jaiz, M. (2014). Dasar-dasar
Periklanan. yogyakarta: Graha Ilmu.
Wikipedia. (2018). Wikipedia Indonesia.
http://id.m.wikipedia.org.
Komentar
Posting Komentar